Categories
Perikanan

Cara Memelihara Lobster Air Tawar

Cara Memelihara Lobster Air Tawar

Cara Memelihara Lobster Air TawarPakan Lobster Air Tawar

Agar pertumbuhan lobster air tawar seperti yang diharapkan, pakan harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh lobster air tawar. Dibutuhkan Nutrisi Lobster air tawar terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Sekarang ada banyak produsen yang memproduksi makanan untuk lobster air tawar.
Varietas makanan untuk lobster air tawar

Makanan alami, biasanya ditanam oleh petani. Namun, karena keterbatasan fasilitas dan target, para petani sering mengalami kesulitan. Makanan alami yang umumnya tumbuh adalah chlorella, tetracellel, dunaleilla, diatone, spirulina, udang air asin, kutu air, larva nyamuk, cacing kremi, cacing dan cacing darah.

Makanan buatan rumah adalah makanan yang diformulasikan oleh petani dari berbagai bahan, seperti makanan rebon, tepung ikan, cacing, wortel, kecambah, kacang hijau dan keong emas. Pelet atau pasta dapat dibentuk dalam campuran. Pakan komersial, pakan disiapkan yang diperoleh oleh perusahaan pakan ikan

Diet LAT harus 3% dari berat badan dan harus diterapkan pagi atau malam hari. Jika umpan tidak berakhir, ia harus dibuang di umpan berikutnya.

Penyakit Lobster Air Tawar

Meskipun lobster air tawar diketahui lebih tahan terhadap penyakit daripada spesies udang lainnya, itu tidak berarti bahwa lobster air tawar dapat bebas penyakit, sering disebabkan oleh virus. Selama ekspansi virus yang menyebabkan penyakit pada lobster air tawar:

1. Penyakit bercak putih (WSD)
Penyakit yang disebabkan oleh virus ini dapat menyebabkan kematian di sisi kolam renang. Ada beberapa cara untuk memprediksi serangan virus ini, yaitu:
mencegah entri LAT yang terinfeksi
mengurangi kepadatan lobster di kolam renang
menjaga kadar amonia dan keasaman air
hindari air yang digunakan untuk udang lainnya
alat bersih yang terinfeksi

2. Jenis organisme ricket
Lobster air tawar yang terinfeksi virus ini sering melemah, dan kadang-kadang ditandai oleh adanya bercak biru hitam atau kehijauan di exocoletone. LAT yang mati karena virus ini adalah tubuh dan kepala yang terpisah.

3. Jamur (infestasi udang karang)
Lobster air tawar yang terinfeksi jamur ini umumnya adalah jenis astacus astacus Eropa. Transmisi juga dapat melalui bit asphanomices astaci atau melalui peralatan yang digunakan

Selain virus yang disebutkan di atas, kerusakan lobster air tawar disebabkan oleh hama seperti ular, tikus, burung, lele dan karper

 

Panen Lobster Air Tawar

Pemanenan harus dilakukan pada suhu yang tidak terlalu panas di pagi, siang atau malam hari. Beberapa teknik panen yang biasa digunakan dalam upaya ekspansi meliputi:

1. Menjaga alirannya

Caranya adalah:
– Turunkan air kolam hingga 2 cm dan jauhi kolam.
– Tempatkan wadah di tepi kolam, tempatkan aerator di wadah untuk menghindari kekurangan oksigen.
Pasang kartu dari bagian bawah kolam ke tepi kolam, dalam posisi kereta luncur tepat di atas wadah.
– Tuang air di papan tulis

Naluri lobster adalah untuk mencari air segar, ia akan pergi ke air yang mengalir dari kayu, dan setelah mencapai puncak lobster, ia akan memanjat dan jatuh ke tempat berlindung.

2. Perangkap mouse

Teknik ini menggunakan perangkat mouse yang umum digunakan di rumah, tutupnya digali dengan corong.

Caranya adalah:
Jangan memberi makan LAT sebelum panen
Persiapkan cukup perangkap tikus yang dipenuhi umpan untuk semua LAT
Umpan yang digunakan adalah ikan atau keong emas.
Biarkan bau pakan membakar terlebih dahulu

Panen dengan cara ini tidak perlu menurunkan kolom air.

 

 

Sumber : https://anekabudidaya.com/