Categories
Pendidikan

Lingkup Lanskap Ekologi

Lingkup Lanskap Ekologi

Lingkup Lanskap EkologiDefinisi Lanskap Ekologi

Lanskap memiliki beberapa makna, itu sangat tergantung pada latar belakang ilmiah yang diberikan definisi. Sementara seorang seniman mendefinisikan lanskap sebagai lanskap alami, sejarawan mendefinisikan lanskap sebagai situs sejarah atau situs warisan di mana peristiwa-peristiwa penting terjadi. Adegan kaca ekologis adalah bentang alam heterogen yang terdiri dari elemen / unit yang membentuk bentang alam yang disebut tambalan yang saling berinteraksi (Forman dan Godron, 1986). Zonneveld (1979) mengatakan bahwa bentang alam ekologis adalah bagian dari permukaan bumi, yang mengandung ekosistem kompleks batuan, air, tanaman, hewan, dan manusia.

Patch adalah area homogen yang dapat dibedakan dari area sekitarnya. Lansekap sering memiliki tambalan dominan yang disebut Matriks. Patch diperpanjang disebut pelari. Saat menentukan tambalan, matriks atau koridor, alat tersebut sering digunakan dalam bentuk foto, data satelit, peta vegetasi / penggunaan lahan atau pengamatan langsung di lapangan. Oleh karena itu, dalam menentukan tingkat heterogenitas lanskap, sangat dipengaruhi oleh skala penelitian dan kemampuan peneliti untuk membedakan komponen lanskap berdasarkan data yang tersedia.

 

Contoh Jenis Lanskap

Dalam bentang alam di sekitar Harimun dan Taman Nasional Salak (Gambar 1), sementara hutan alam diklasifikasikan sebagai Matriks, penanaman lahan basah / padi dan perkebunan teh dapat diklasifikasikan sebagai tambalan. Vegetasi di sepanjang sungai seperti koridor. Dalam lanskap perkebunan kelapa sawit (Gambar 2), semak dan perkebunan yang kompleks dapat diklasifikasikan sebagai bercak. Jalan penanaman dan tumbuh-tumbuhan di sepanjang jalan diklasifikasikan sebagai koridor. Dua contoh ini mewakili dua jenis lanskap yang berbeda: spesies, skala dan tingkat heterogenitas. Taman Nasional Halimun adalah pemandangan alam dengan tingkat ketidaknyamanan manusia yang rendah dan lanskap buatan yang heterogen, homogen di mana perkebunan kelapa sawit dikelola secara intensif. Kendaraan yang digunakan untuk melihat Taman Nasional Halimun adalah satelit, area penanaman kelapa sawit adalah helikopter.

Lingkup Studi Lanskap Ekologi

Ekologi Lansekap meneliti tiga hal: struktur, fungsi, dan perubahan lanskap.

  • Struktur: hubungan spasial antara satu atau lebih tambalan matriks atau tambalan, yaitu distribusi energi bentang alam, materi, dan konfigurasi spesies.\
  • Fungsi: interaksi antara elemen spasial (antara tambalan atau tambalan dan matriks) yang merupakan aliran energi, materi dan spesies antara komponen ekosistem / elemen lanskap.
  • Change (Ubah): perubahan dalam struktur dan fungsi lanskap karena ketidaknyamanan manusia atau alam.

 

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :